KENAPA HARUS PAKAI ASUS ROG? #WEAREROG



Apakah anda gamer?
Anda suka bermain game di komputer?
Anda ingin bermain game di komputer dengan fps tinggi dan tampilan yang sempurna tanpa cacat?

Jika TIDAK, silakan CLOSE BLOG INI!!! Wkwkwk, bercanda...

Pada saat ini, industri gaming sedang berkembang pesat, bahkan saat ini sedang terus berkembang semakin besar. Sehingga demi menunjang pengalaman bermain game yang maksimal, para produsen komputer dan laptop saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi dan kemampuan yang sangat tinggi dengan komponen yang terbaik.

Meningat banyaknya keinginan para gamer untuk bermain di komputer dengan spec yang tinggi, dan semakin berkembangnya spesifikasi game saat ini, karena itu ASUS sebagai salah satu produsen perangkat komputer terbesar di dunia menciptakan sebuah brand yang khusus dibuat untuk para gamers yang dinamakan Republic of Gamers atau yang disingkat dengan ROG. ASUS ROG ini saat ini adalah brand khusus gaming nomor satu yang dijual di Indonesia.




ASUS ROG adalah sebuah brand yang diciptakan oleh ASUS khusus untuk gaming pada tahun 2006, dengan tujuan untuk membawa gaming dan overclocking perangkat keras ke dunia. Sejak tahun 2006 sampai sekarang, ASUS ROG sudah mensponsori beberapa acara-acara gaming besar. Karena itu ROG disebut-sebut sebagai pemimpin PC gaming di dunia. ROG terus berupaya memberikan pengalaman gaming paling maksimal bagi seluruh gamer di dunia.

Masuknya Republic of Gamers ke Indonesia disambut positif bagi kalangan gamer di Indonesia, mengingat banyaknya komunitas gamer di Indonesia, baik itu gamer online ataupun offline. Spek yang tinggi, ditambah dengan komponen-komponen paling mutakhir seperti kartu grafis, media penyimpanan data, pengaturan layar yang maksimal, dll, membuat ASUS ROG tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk booming di Indonesia. Terbukti dengan dibuatnya halaman ASUS ROG Indonesia di beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter. Itu semua membuat gamer di Indonesia dapat mengetahui setiap update terbaru dari ASUS ROG.

Unit penjualan ASUS ROG meliputi laptop, Motherboard, Monitor, Kipas, CPU, Mouse, Earphone, Backpack, dan beberapa aksesoris lainnya. Dan khusus yang akan kita bahas di blog ini adalah laptop ASUS ROG.


ASUS ROG memiliki tiga jenis laptop, yaitu Tipe GL Series (Strix), tipe G Series, dan tipe GX Series.

Tipe GL Series (Strix) 
Tipe GL Series ini adalah tipe yang paling affordable pada kelasnya. Tipe ini adalah tipe ASUS ROG yang memiliki harga yang terjangkau dibanding tipe lainnya. Meskipun harganya terbilang murah, kualitas tipe GL Series ini tidaklah murahan. Salah satunya adalah ASUS ROG GL502VM. Laptop ini memiliki ketebalan hanya 23,5 mm, serta diperkuat dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ Kaby Lake dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060. ASUS seri ini tidak hanya berwarna hitam saja, tetapi ada juga yang berwarna silver (perak), seperti gambar di bawah ini:
-ASUS ROG GL 502VM Black & Silver-

Selain itu, dalam tipe GL Series juga ada ASUS ROG GL553VD. ASUS tipe ini tidak kalah dengan GL502VM. Laptop ini juga dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ, selain itu juga diperkuat dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050. Kedua jenis laptop ini paling cocok untuk para gamer yang menginginkan proses gaming yang maksimal meskipun keuangannya belum mampu untuk tipe G Series dan GX Series. Karena meskipun harganya murah, spesifikasinya hanya beda tipis dengan tipe G Series dan GX Series.
-ASUS ROG GL553VD-

Tipe G Series
Tipe G series ini memiliki bentuk yang cukup unik, karena tipe ini memiliki bentuk yang futuristik karena terinspirasi dari Ironman. Salah satu contohnya adalah ASUS ROG G752. G752 memiliki bentuk yang futuristik dengan sentuhan sentuhan Titanium Armor dan Plasma Copper. Sehingga ketika kita melihat laptop ini, kita akan langsung membayangkan Tony Stark ketika memanggil pakaian Ironman, lalu disatukan ke seluruh badannya. Tipe ini juga dilengkapi dengan teknologi 3D Vapor Chamber untuk mengurangi suhu sekitar 6-7 derajat Celcius. Selain itu juga tipe ini dilengkapi dengan Sonic Studio dan Sonic Radar untuk menunjang kualitas audio dalam gaming itu sendiri. Dengan adanya ini, gamer bisa mendeteksi keberadaan lawan dalam mendeteksi tembakan, suara langkah kaki, dan efek suara lainnya dalam game.
-ASUS ROG G752-

Tipe GX Series
Tipe GX Series adalah tipe ASUS ROG yang paling tertinggi dan sangat cocok untuk memainkan game berat dan membuat video yang sangat berat. Mengingat bahwa memainkan game yang sangat berat berpotensi membuat laptop sangat panas, untuk mendukung proses gaming yang sangat berat, tipe ini juga dilengkapi dengan Liquid Cooler yang berfungsi untuk mendinginkan laptop dengan cepat dan maksimal.

Lain tipe lain bentuk, pada tipe GX Series sendiri juga memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu contohnya adalah ASUS ROG GX800. Jika G752 terinspirasi dari Ironman, tipe GX800 terinspirasi dari pesawat tempur siluman. Dengan desain yang juga futuristik, yaitu dengan balutan Bio Armor dan Titanium Armor yang fantastis seperti pendahulunya, dan ditambah dengan adanya Liquid Cooler, akan membuat anda seperti mengendarai pesawat tempur siluman. Tipe ini juga dilengkapi dengan Sonic Studio dan Sonic Radar seperti tipe G752, sehingga pengalaman gaming kita akan terasa maksimal seperti kita benar-benar berada di dalam game tersebut.

-ASUS ROG GX800 with Liquid Cooler-


Dalam hal desain, ASUS ROG memang selalu berada di depan dari merek yang lain. Uniknya, desain ASUS ROG berbeda-beda dari tiap laptop. Desainnya sendiri bervariasi dari seri Strix (GL Series) yang memiliki desain ramping, seri G yang berbentuk cukup tebal di bagian belakang dan terinspirasi dari Ironman, seri GX yang juga memiliki desain unik dengan tambahan liquid cooler sehingga mirip seperti pesawat tempur siluman. Khusus untuk ASUS ROG Zephyrus sendiri memiliki perbedaan dari tipe GX lainnya, yaitu bentuk laptop yang sangat tipis, yaitu hanya memiliki ketebalan hanya 1,7 cm dan berat hanya 2,2 kg sehingga ASUS ROG Zephyrus disebut-sebut sebagai laptop gaming tertipis di dunia.
 
Berikut adalah beberapa contoh bentuk-bentuk dari ASUS ROG berbagai tipe:
-ASUS ROG GL552VX- (Desain elegan dan ramping)

-ASUS ROG G751- (desain tebal, futuristik, dengan dua vapor chamber)



 -ASUS ROG GX700- (Desain futuristik dengan saluran Watercooling)


-ASUS ROG GX501 Zephyrus- (ROG terbaru, desain sangat tipis)

Selain itu, desain dari logo ROG sendiri juga memiliki keunikan. Sekilas jika dilihat, logo ROG sendiri berbentuk mata berwarna merah. Jika kita lihat lebih teliti, logo ROG ini adalah huruf R dan G yang dibentuk menyerupai mata. Karena itu logo ROG ini sudah menjadi premium brand dari ASUS ini.
-Logo ROG-


 
Jika kita berbicara mengenai performa ASUS ROG, sudah pasti akan menggunakan kemampuan yang paling terbaru. Sebagai contoh, semua ASUS ROG selalu menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi terbaru. ASUS ROG juga menggunakan kartu grafis NVIDIA GTX seri 10 yang tentu saja akan memperlancar gerakan game yang kita mainkan dan mempermudah proses render gambar, jika kita ingin membuat desain atau video. Selain itu, hampir semua ASUS ROG sudah menggunakan SSD atau Solid State Disk, sehingga pengiriman dan penyimpanan data bisa dilakukan dengan cepat.
Dengan adanya tiga hal ini, dijamin laptop kalian tidak akan nge-lag!!!


Dalam hal inovasi, ASUS ROG selalu menjadi yang terdepan. Beberapa hal mengenai inovasi memang telah disebutkan di atas, tetapi akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian ini.
ASUS ROG sudah menerapkan inovasi-inovasi ke dalam produknya. Contohnya adalah pada ASUS ROG GX501 Zephyrus dan ASUS ROG GX800.

ASUS ROG GX501 Zephyrus
Apakah gambar di samping ini adalah huruf L? Bukan! Ini adalah ASUS ROG Zephyrus dilihat dari samping. Pada gambar di samping, kita bisa lihat bahwa laptop ini sangat tipis. Seperti yang sudah disebutkan bahwa ketebalannya hanya 1,7 cm dan berat hanya 2,2 kg. Biasanya laptop seperti ini memiliki spesifikasi kecil. Tetapi berbeda dengan Zephyrus.
Laptop ini memiliki spesifikasi yang luar biasa tinggi. Sekalipun tipis, ASUS ROG Zephyrus menggunakan Intel Core i7 7700 HQ. Selain itu juga laptop ini menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080 yang tentu saja merupakan level tinggi pada seri 10. Laptop ini juga memiliki sistem aerodinamika aktif atau Active Aerodynamic System (AAS) yang berfungsi untuk menjaga suhu laptop dengan adanya aliran udara keluar masuk agar tetap normal sekalipun digunakan untuk gaming yang berat. Untuk mendukung sistem ini, maka dibuat sebuah mekanisme khusus. Ketika laptop ini dibuka, maka bagian bawah laptop akan terangkat. Hal ini akan menyebabkan udara lebih mudah mengalir dan proses pendinginan berjalan lebih maksimal.
-Active Aerodynamic System-

-Ketika laptop dibuka, maka bagian bawahnya terangkat-
Spesifikasi lengkap ASUS ROG Zephyrus adalah sebagai berikut:

Prosesor
:
Intel® Core™ i7 7700HQ Processor
Sistem Operasi
:
Windows 10 Home
Chipset
:
Intel® HM175 Express Chipset
Memori
:
24 GB DDR4 2400MHz SDRAM
Display
:
15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 120Hz Panel with 72% NTSC with G-Sync
Grafis
:
NVIDIA GeForce GTX 1080 with Max-Q Design , with 8GB GDDR5 VRAM
Storage
:
Solid State Drives:
512GB PCIE Gen3X4 SSD
Keyboard
:
Illuminated Chiclet Keyboard
Webcam
:
HD Web Camera
Networking
:
Wi-Fi
Integrated 802.11 AC (2x2)
10/100/1000 Base T
Interface
:
1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt
4 x USB 3.0 port(s) Type A
1 x HDMI, Mendukung HDMI 2.0
Audio
:
Built-in Stereo 2 W Speakers And Array Microphone
Support Windows 10 Cortana with Voice
ASUS Sonic Studio
Baterai
:
4 Cells 50 Whrs Polymer Battery
Adaptor Daya
:
Output :
19.5 V DC, 16.9 A, 230 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system
Dimensi
:
37.9 x 26.2 x 1.69 ~1.79 cm (WxDxH)
Berat
:
2.25 kg with Battery
Sekuritas
:
Kensington lock
Jaminan
:
2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara
VR
:
VR Ready
Gaming Series
:
GX Series
Lain-lain
:
Aksesoris:
Gaming Mouse
USB3.0 to RJ45 cable + Palmrest + Screw Driver
Sumber: www.asus.com
Jika kita lihat, spesifikasi dari ASUS Zephyrus ini sangat tinggi, sehingga sekalipun memiliki ukuran yang tipis, gamer tetap dapat memainkan game dengan maksimal. Mungkin karena itulah laptop ini diberi code name Zephyrus yang dalam bahasa Yunani berarti Angin Barat yang terkenal dengan tekanan angin yang tinggi, mencerminkan laptop ini yang sekilas terlihat rapuh dan "mudah ditiup angin" karena sangat tipis padahal sebenarnya kekuatannya besar sekali dan memiliki aliran udara yang keluar-masuk dengan sistematik.

ASUS ROG GX800
Jika ASUS Zephyrus memiliki inovasi tersendiri, maka lain lagi dengan ASUS ROG GX800. ASUS tipe ini memiliki inovasi yang juga luar biasa. Sebagai laptop ROG dengan teknologi terbaru, laptop ini memiliki dua buah kartu grafis NVIDIA GTX 1080 di dalamnya. Bayangkan, satu GTX 1080 saja sudah membuat game berjalan lancar, apalagi ada dua! Sudah pasti game akan berjalan dengan mulus dan tidak ada yang namanya ngelag, patah-patah, black screen, gambar buram, garis-garis, dll. Bahkan game berat seperti Call of Duty, GTA V, atau Battlefield pun bisa berjalan dengan mulus.

Selain itu GX800 juga menggunakan prosesor Intel Core i7 7820HK 2.9 GHz yang mana merupakan prosesor keluaran terbaru. Yang lebih hebat lagi, prosesor ini bisa di-overclock seperti halnya PC. ASUS GX800 bisa di-overclock mencapai 4.6 GHz. Ini lebih hebat dari pendahulunya, GX700, yang hanya bisa di-overclock sampai 4.4 GHz. Singkatnya, sudah cepat, masih bisa dipaksa lebih cepat lagi.

Tidak hanya prosesor dan kartu grafis saja yang berinovasi. Seperti yang sudah disebutkan, tipe GX Series juga berinovasi dengan menggunakan watercooling dengan Liquid Cooler alias pakai radiator, tidak seperti kebanyakan laptop yang menggunakan cooling fan saja. Watercooling ini berguna untuk memperlancar proses overclocking pada GX800. Selain itu juga berguna untuk memperlancar gaming yang sangat berat dengan didukung oleh dua kipas dalam ASUS GX800, seperti pada gambar di atas.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS ROG GX800:
Processor
Intel® Core i7 7820HK
Operating System
Windows 10
Display
18.4-inch (16:9 aspect) LED-backlit 4K UHD (3840 x 2160) display with anti-glare coating
100% Adobe RGB
NVIDIA® G-SYNC technology
Memory
64GB DDR4 2800MHz SDRAM
Wireless
Integrated 802.11ac Wi-Fi
Bluetooth® 4.1
Connectivity
1 x microphone jack
1 x headphone-out jack (S/PDIF)
2 x USB 3.1 with USB Type-C™ connector
3 x USB 3.0
1 x RJ45 LAN
1 x HDMI
1 x docking port (hot-swap)
1 x mini DisplayPort
1 x SD Card reader
Audio
ASUS Sonic Studio
Casting Enhancer
ASUS Sonic Radar
Array microphone
4 x 3W speakers
Baterai
8-cell, 76Wh battery
Ukuran
ROG GX800: 458 x 338 x 454mm
Hydro Overclocking System: 359 x 418 x 133mm
Berat
ROG GX800: 5.7kg
Hydro Overclocking System: 4.7kg
Sumber: www.slashgear.com / www.youtube.com

Dan satu hal lagi yang menarik. ASUS ROG adalah brand yang mempelopori sebagian besar inovasi-inovasi pada laptop gaming!


Jika kita berbicara mengenai keyboard pada ASUS ROG tentu saja akan memiliki inovasi. ASUS ROG berusaha mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan backlight keyboard. Backlight keyboard ini bisa diatur warnanya sesuai keinginan kita. Warna yang muncul berkisar antara merah, kuning, biru, bahkan warnanya juga bisa diatur menjadi RGB (warna-warni). Khusus untuk GX800, tipe ini sudah dilengkapi dengan keyboard mechanic yang akan membuat proses pengetikkan menjadi lebih mantap dan halus, dan untuk tombol WASD sendiri diberi warna lebih gelap dengan aksen putih di sekitar tombolnya, karena biasanya tombol ini digunakan sebagai tombol arah pada kebanyakan game saat ini.
-Backlight Keyboard pada ASUS ROG GL553VD-

-Proses pengaturan warna backlight keyboard menggunakan Aura Software-

-Keyboard Mechanic pada ASUS ROG GX800-

Sebagai keyboard laptop gaming, ASUS ROG memiliki beberapa tombol unik yang bermanfaat untuk gaming. Contohnya adalah tombol makro yang bisa diatur fungsinya melalui ROG Macrokey. Selain itu juga terdapat tombol bergambar handycam untuk mengakses aplikasi XSplit Gamecaster yang berfungsi untuk merekam video ataupun livestreaming melalui Youtube. Selain itu juga terdapat tombol yang tidak ada di keyboard merek lain, yaitu tombol bergambar logo ROG. Fungsi tombol ini adalah untuk mengakses aplikasi ASUS ROG Gaming Center yang berguna untuk mengatur penggunaan memori, sistem informasi, penggunaan touchpad, proses overclocking, dan lain-lain yang menunjang proses gaming. ASUS ROG Gaming Center sendiri sudah menjadi ciri khas dari ASUS ROG.
-Tombol Macro, tombol rekam, dan tombol berlogo ROG pada ASUS ROG GX800-


Sumber: www.jagatreview.com

-ROG Macrokey-



-XSplit Gamecaster-

-ASUS ROG Gaming Center-


Untuk urusan layar, ASUS ROG juga mengedepankan inovasi. Sekedar info, seluruh ASUS ROG sudah menggunakan IPS Screen, yang mana merupakan terbaik di kelasnya. IPS Screen ini memberikan sudut penglihatan yang lebih baik dari layar LCD biasa, sehingga jika dilihat dari sudut pandang yang tidak biasa, tampilannya tidak akan berbeda jauh dengan dilihat dari sudut normal. Layar IPS Screen ini sangat bagus jika digunakan untuk editing foto, video, desain grafis. Selain itu Layar ini juga lebih tahan terhadap benturan.
-IPS Screen-

Jika kita bandingkan dengan merek lain yang setipe dengan tipe GL553VD. Yang lain masih menggunakan layar TN, di mana jika kita melihat dari sudut pandang yang tidak biasa, akan menyebabkan tampilan terlihat buram. Sedangkan untuk tampilan layar IPS, warnanya tidak akan buram. Maka dari itu semua pengguna ASUS ROG dapat menikmati tampilan layar dengan maksimal.
-Perbandingan IPS Screen dengan LCD biasa-

Selain itu, untuk mendukung tampilan layar yang baik dan maksimal, ada beberapa model ASUS ROG yang menggunakan teknologi NVIDIA G-Sync. Manfaat dari G-Sync ini adalah untuk mensinkronisasikan kecepatan refresh GPU dan monitor, sehingga tidak terjadi tearing ataupun stuttering. Sebenarnya sebelum ini sudah ada teknologi V-Sync, tetapi itu hanya untuk menghilangkan tearing saja, sehingga ketika layar laptop kita sudah siap, proses rendering masih berjalan sehingga menyebabkan terjadinya stuttering. Ini adalah teknologi hardware, jadi sudah terdapat dalam laptopnya.
-Contoh penggunaan G-Sync-

-(Kiri): Layar tearing tanpa G-Sync, (Kanan): Layar tanpa tearing dengan G-Sync-

Apakah kehebatan layar ASUS ROG hanya ini saja? Tentu tidak! ASUS ROG juga memiliki resolusi layar yang mendukung hingga resolusi 4K, di mana resolusi itu lebih besar dari resolusi laptop pada umumnya, bahkan jauh lebih besar dari resolusi HD 1080p.
 -Perbandingan resolusi layar HD-
Sumber: www.pojoktekno.com


ASUS ROG tidak hanya maju dalam hal kualitas laptopnya, tetapi juga dalam hal garansi dan ketahanannya. Sebelum dijualbelikan, ASUS ROG telah melewati berbagai uji ketahanan pada laptopnya, seperti tes ketekanan pada keyboard, tes getaran, tes goncangan, tes jatuh, dll. Jadi bisa dibilang bahwa ASUS ROG memiliki laptop yang tahan banting dan kuat menghadapi cobaan! (laptop yang sangat beriman ya, wkwkwk)
-Garansi 2 tahun-

Apakah sampai di situ saja? Tentu tidak! Pihak ASUS ROG juga mengantisipasi jika memang ternyata ada kerusakan, maka ASUS ROG memberi jaminan garansi dalam waktu yang cukup lama, yaitu 2 tahun. Memang ini waktu yang cukup lama untuk sebuah garansi, karena mengingat bahwa garansi biasanya diberikan paling berkisar antara 6 bulan sampai 1 tahun.
(tapi habis baca ini jangan sengaja dirusak juga ya, nanti dilemparin obeng sama teknisinya...)


Setelah kita melihat pembahasan mengenai ASUS ROG, kita bisa melihat bahwa ASUS ROG memiliki banyak kelebihan dalam hal spesifikasi dan pelayanannya. Jika kita ringkas, jawaban mengenai "KENAPA HARUS PAKAI ASUS ROG?" adalah sebagai berikut:
  1. ASUS ROG memiliki jenis yang disesuaikan kemampuan masing-masing laptopnya. 
  2. ASUS ROG memiliki desain yang bervariasi. 
  3. ASUS ROG terdepan dalam hal inovasi di tiap masing-masing laptopnya. 
  4. ASUS ROG memiliki performa yang luar biasa karena didukung dengan kartu grafis terbaru, penyimpanan data yang cepat, dan prosesor terbaru.
  5. ASUS ROG memiliki keyboard yang inovatif dengan backlight keyboard.
  6. ASUS ROG memiliki layar IPS Screen yang membuat kita bisa menikmati tampilan game dengan maksimal.
  7. ASUS ROG kuat, tahan uji, dan memiliki garansi 2 tahun yang notabene cukup lama.
Itu semua yang bisa saya sampaikan mengenai "KENAPA HARUS PAKAI ASUS ROG?". Dan akhir kata, yang akan saya tanyakan kepada para pembaca blog ini adalah:
WANNA JOIN THE REPUBLIC?

#WEAREROG #ASUSROGID #ROG

Comments